Sunday, April 1, 2007

28 Tahun Pengabdian Saya dalam Pelayanan ... (1 April 1979 - 1 April 2007)


Ucapan Syukur.
Hari ini, tanggal 1 April 2007 merupakan hari yang bersejarah buat saya. Bukan April Mop! Karena memang tepat di tanggal ini, genap sudah 28 tahun (1979-2007) masa pengabdian saya melayani Tuhan/pekerjaan Tuhan baik di/melalui gereja, ministry maupun masyarakat. Sejak 1 April 1979 yl, saya telah mengambil keputusan: melayani Tuhan dan pekerjaan Tuhan dengan sepenuh hati. Jujur saya rasakan sungguh rakhmat, anugerah dan kasih Kristus yang telah menyertai saya dalam 28 tahun pelayanan sampai dengan saat ini. Periode yang tidak singkat. Kalau bukan karena Tuhan, maka saya yakin sia-sia semua yang saya telah abdikan dalam pelayanan. Tetapi karena besar kasih setliaNya, saya rasakan pimpinanNya dan berkatNya sampai menapaki tahun 2007 ini.

Talenta dan Bidang Minat.
Yang saya sadari, Tuhan telah memberikan talenta dan bidang minat (interests) kepada saya, sama seperti Ia memberikannya juga kepada setiap umatNya. Dalam anugerahNya Tuhan juga telah memberikan saya talenta/bidang minat sehingga saya dimampukan untuk melayaniNya, melakukan pekerjaanNya.

Talenta:
Leadership: transformation-process, conceptual/entrepreneurial/managerial skills.
Equipper: facilitator pembina penceramah konsultan-trainer advisor pendampingan.
Peneliti: litbang/thinker.
Penulis (writer) dan pencipta lagu/musik.

Bidang Minat (Interests):
Christianity & religions: theology, worldview, gereja, musik, misi, pembinaan/pelayanan.
Filsafat, iptek/methodology, etika/politik/hukum, demokrasi, keadilan dan perdamaian.
Leadership: strategy, quality & applied-management, sdm & creativity.
Business/industry: ekonomi, kewirausahaan & mediasi-pemasaran.
Agricultures & microfinance: UMKM, developments & pengentasan kemiskinan.
Seni musik sosial budaya: demografi/geography, kultur & peradaban.

Pelayanan Gereja/Ministry & Masyarakat (1979-2007):
Dengan talenta dan bidang minat ini, yang saya ingat inilah napak-tilas perjalanan pelayanan saya khusus dalam “Bidang Pelayanan Gereja, Ministry dan Kepemimpinan Diakonia Masyarakat” kurun 1979-2007 sebagai bahan-evaluatif:

1979–1981 NHKBP Keb Baru: Melayani di Pemuda/Naposo Wkl Ketua/Koord Kerohnian, Organizer PA/KTB; Melayani dan memimpin misi transisional periodik ke/di DIY Yogya.

1981-1986 IPB Bogor : Studi di Fak. Pertanian Bogor. PMK-IPB Bogor (affiliasi OMF dan Perkantas): Melayani dalam pelayanan mahasiswa Kristen Wk. Ketua/Koord. KPP PMK-IPB: Merintis dan mendirikan komisi pelayanan baru ini, yang menangani kegiatan KPA-KPD-KTB di seluruh Bogor (dan Dramaga). Pencipta Lagu2 Kristen baru: merintis pelayanan penggubahan musik/ lagu2 baru kristiani, seperti: Guru (versi asli: Murid), Kasih Allah Melingkupi Saya, Satu Di Dalam RohHu, Tiada Seindah Namamu, Kepastian, Yesus Kau Allah yang Hidup.
1983: Kamp Nasional Perkantas 1983: Memimpin Rombongan Mahasiswa Kristen Bogor ke KNM 83 di UNAI Cisarua, Lembang Jabar. PUKB Bogor : Melayani pelayanan umat/gereja2 lewat Persekutuan Umat Kristen ini di bawah pembinaan BKSG se-Bogor dengan rintisan 7 pos bakal-jemaat dan kelompok-kelompok kecil (cell-groups).

1985-1987 SEDP-9 Bogor: Melayani, mendirikan dan mengembangkan diakonia misi pengentasan kemiskinan dengan pendekatan social-ekonomi, dengan 9 teman2 kristen IPB (YCKK) lewat program ini bekerjasama dengan DSI Multi Ministries (Bp Ir Soen Siregar), Bung Ir. Antonius Tanan, Bung Jansen Sinamo dan Bung Gideon Tandirerung. 1987: Deputasi pelayanan ke Gereja2 Evangelical & Oikoumenical di Australia (Melbourne & Sydney selama 3 bulan) bekerjasama dengan YASKI Jakarta dan PND Foundation.

1987-1991 1987: Menikah dgn Maria. BPC Perkantas Sulselra: Melayani di Perkantas, Ketua BPC periode 1988 1990. Gereja GKSS Ujung Pandang : Melayani sebagai Majelis Jemaat GKSS Mattiro Baji, Mandai Makassar. 1988: Lahir anak ke-1: Grace (K-1) Yayasan Matepe: Melayani, sbg Direktur Eksekutif pelayanan pemberdayaan gereja & masyarakat ini, bekerja sama dengan Dewan Gereja2 di Australia, Maranatha Trust Australia, IIDI/Opportunity International US, Tear Fund Holland dan WP Schmitz Stiftung Germany, Sinode GKPB Bali/MBM/DBB dan PGIW2. Training2 dan kursus pelayanan di Singapore , Sri Lanka , Thailand , Philippines , dan Hong Kong .

1991-1995 Persekutuan Doa Kristen (PDK) PT. Astra Group: Merintis, mendirikan dan melayani sebagai salah satu Pengurus/Pembina di PDK PT. Astra Interna-tional/Astra Group Jakarta ; 1991: Lahir anak ke-2: Alvina (K-2). Gereja CWS Jakarta : Melayani sebagai Diaken dan Guru Kepemimpinan Kristen LLI/PPKA Jakarta. Jemaat Oikoumene, Walang, Jakarta : melayani dalam pelayanan penggem-balaan, pastoral dan pemuridan. 1993 ditahbiskan sebagai Evangelist Badan Pengutus CSM Mission, Jakarta. 1995 ditahbiskan sebagai Pendeta Misi di Gereja GUKI Jakarta (Keduanya disyahkan oleh Bimas Kristen Depag Pusat, Jakarta ).

1996-1999 Persekutuan Doa Kantor (PDK) PT. ‘Pramindo’ Medan Sumut (joint Astra Group-France Telcom Perancis): Merintis, mendiririkan dan membina (sebagai Pembina). Tim Misi CWS Sumut: Melayani dalam kegiatan2 tim misi.

1999-2002 Pasca Sarjana Unika Atmajaya, Sudirman Jakarta: Studi S2/MM. Reformed Insitute, Jakarta : Studi MCS. 2001: Lahir anak ke-3 (terakhir): Mika (K-3). STT Gratia: Melayani mengajar program S1: Filsafat Kristen, Etika Kristen I & II, Manajemen Gereja dan Kewirausahaan Kristen; Melayani menjadi Mitra Gereja Presbiterian Indonesia/Yayasan MIKA, Jakarta. Melayani (tugas praktek) di Gereja Methodis Indonesia Immanuel, Jakarta .

2003-2007 El-Trinitas Ministry Indonesia: Mendirikan, membentuk lembaga pelayanan ini bekerjasama dengan Evangelical Presbyterian Church, untuk misi dan pembinaan2 gereja dan ministry. Transforma Sarana Mediasi: Mendirikan, membentuk lembaga research gereja, masyarakat dan demokrasi ini, sebagai lembaga think-tank, penelitian dan tugas2 penulisan (writings). 2005: BAKTI NUSA Indonesia : Mendirikan bersama teman2 sesama pelayan Kristen, ,membentuk serta mengembangkan paguyuban pelayanan BN untuk pelayanan pemulihan dan transformasi gereja dan masyarakat, lewat pelayanan2 holistik di banyak daerah tanah air. 2006: Tranformation Connection Indonesia (TCI): Merintis pengembangan pelayanan Kristen “Hope for the Poor” dalam misi pengentasan kemiskinan dan keterpurukan, dengan Bpk Iman/Ibu Lea Santoso dan DR Luis Bush (Transform World Connection). Melanjutkan pelayanan penciptaan lagu2 Kristiani baru (salah satunya Album Baru 2006/2007: Terimakasih atas AnugerahMu).

Refleksi: Ratusan bahkan mungkin ribuan orang dalam berbagai kelompok jemaat komunitas, telah terlayani melalui pelayanan pembinaan pemuridan training ceramah seminar konsultansi training pastoral yang saya lakukan. Belasan bahkan puluhan organisasi, lembaga, wadah2 kelompok dan komunitas telah dirintis, dibentuk, turut ditumbuhkan dan dikembangkan. Ratusan tulisan artikel ulasan diktat hasil kajian materi manual berhasil saya tulis dan dipresentasikan, baik yang sudah dipublikasikan maupun yang masih ‘unpublished’. Ratusan lagu-lagu khususnya lagu2 rohani Kristen telah digubah, baik yang telah diirekam maupun yang belum. Namun semua itu, saya rasa belum ada artinya bila dibandingkan Kasih Kristus di dalam pengorbanan kematian dan kebangkitan Yesus, yang telah menebus, menggantikan, mengampuni dosa2 saya, membenarkan dan memperdamaikan saya dalam hubungan personal saya dengan Tuhan.

Pesan (Message): Sebab itu, saya kira selagi hari masih siang, marilah kita makin giat melayani Tuhan dengan segenap hati, tekad, tenaga, akal budi dan seluruh keberadaan diri kita. Mari kita menjadi garam dan terang dunia! Jangan mau menjadi 'gudang garam', atau jadi garam yang hanya ditumpuk2 di gudang penyimpanan atau di swalayan, tidak tersaji dalam masakan, makanan dan manfaat2 pengawetan. Jangan hanya mau menjadi lilin atau lampu yang hanya disimpan ditumpuk dibungkus dalam kemasan di lemari rumah, toko2, swalayan2, tanpa pernah dihidupkan dinyalakan untuk menerangi kamar2 yang gelap, rumah2 yang gelap lingkungan gelap dan dunia yang masih gelap, banyak terlelap! Garam atau lilin, lampu, meski seperti ber'jumlah sedikit' (minoritas) atau 'kecil' tapi dampaknya sangat dahsyat: bisa melezatkan (menyejahterakan) dan menerangi antero dunia. Apalagi kalau ber-sama2 menggarami dan meneranginya: yang jumlahnya minoritas dan ukurannya kecil-kecil itu!

To God be the glory!

Salam,
Hans Midas Simanjuntak :)
(HMS)

1 comment:

  1. Brethren, may I just ask if you know of Gideon Tandirerung in Indonesia who was a good elder friend and who studied in the Philippines around 1976-1980? I just want to thank him & his friend Robert Koreiwa. Thank you. -From: Antonio A.Hermano [Email add: aahermano@gmail.com].

    ReplyDelete