Tuesday, January 23, 2007

Hasil Kajian Strategis Saya tentang Replikasi Model Grameen Bank Prof Moh Yunus (CARD Model)

Berhubungan dengan bahasan poverty alleviation (pengentasan kemiskinan) yang terus diupayakan dan dikumandangkan di negeri ini, khususnya paska kemenangan Prof Muhammad Yunus dari Bangladesh meraih Nobel Perdamaian 2006, maka saya sampaikan informasi bagi Anda. Bahwa pada bulan Maret 1999 tepatnya saat saya berada di Manila Filipina, saya pernah menyusun hasil studi strategis ilmiah mengenai model pengentasan kemiskinan melalui implementasi program micro-credit atau microfinance. Hal ini terkait dengan bentuk replikasi dari model Grameen Bank dari Prof Muhammad Yunus yang telah diinisasi sejak 1970-1980an, untuk diterapkan di Filipina.

Adapun judul hasil studi strategis saya, yang telah saya susun pada Maret 1999 tersebut berjudul:

“Bagaimana pola Bank/NGO CARD (Replikasi dari Model Grameen Bank Bangladesh – Prof Muhammad Yunus) berhasil Menjangkau Secara Efektif Masyarakat Miskin Melalui Implementasi Program Kredit Mikro (156 hal, Maret 1999).

Ada juga terjemahan bahasa inggrisnya. Hasil itu masih dalam bentuk buku makalah.
Buku ataupun makalah itu bisa diperoleh/dipinjam/dibaca di Perpustakaan Pascasarjana dan Sarjana Universitas Atmajaya Jakarta atau Perpustakaan LIPI Jakarta.

Demikian informasi dari saya, semoga ada manfaatnya.

Salam hangat,
Hans Midas Simanjuntak

No comments:

Post a Comment

Foto udara Pulau Alor NTT

Foto udara Pulau Alor NTT
Photo, 2007