Tuesday, November 4, 2008

Periode Pengujian Kepemimpinan Sedang Ditapaki.

Dear sahabat,


Saya baru pulang dua hari lalu lewat penugasan El-Trinitas Ministry dari kamp Kepemimpinan Gereja (Christian Leadership), dengan mengambil lokasi di Cibodas Bogor Jawa Barat.


Inti yg saya sampaikan, adalah Kepimpinan dlm masa sekarang, memasuki periode pengujian (examination periods) baik utk ranah Kekristenan maupun ranah Dunia.


Obama telah terpilih. McCain menanggapi kemenangan Obama dalam pidatonya, saya nilai luar biasa. Patut dicontoh oleh seluruh leaders dan calon leaders di negeri ini. Juga Obama. Tidak pongah. Dalam postingan sy sebelumnya, saya mencoba melontarkan evaluasi preferensi thd keduanya, terutama dlm 3 hal: kebenaran, etika dan manfaat kebaikan.


Bagi Amerika, bagi dunia, bagi Indonesia, apa yang dikemukakan keduanya menyangkut kebenaran dan etika, terasa masih dpt diperdebatkan. Khusus soal isu menyangkut etika, mmg sy melihat ada perbedaan evaluasi kritis.


Soal aborsi dan sex same marriage, McCain meninjaunya dari segi etika, sdg Obama lebih kepada pragmatisme politik utk menarik suara. Khusus untuk tema aborsi, spt halnya dgn isu lainnya spt hukuman mati, euthanasia dsjsnya, dari segi Etika Kristen, di kalangan Kristen tms para teolog sendiri mmg faktualnya pendapat terbelah: ada yg Pro-Life dan ada pula yang Pro-Choice. Semua sama-sama punya alasan, yg ckp panjang utk dibahas di forum ini.


Kemenangan Obama saya evaluasi bukan dlm hal 2 hal pertama, kebenaran dan etika. Tapi justru dalam aspek manfaat kebaikan. Mayoritas Americans, dan juga mgkn dunia, punya ekspektasi manfaat kebaikan yg diperoleh bila vote Obama akan lebih besar dibandingkan vote McCain. Itu saja. Mengenai ekspektasi manfaat kebaikan itu akan mampu direalisasikan oleh Obama, waktulah yang akan menilai dan mengujinya. Yg terpenting adalah periode pengujian berikutnya.


Bagaimanapun, rasa salut kita harus kita berikan kpd keduanya: Obama dan McCain, dan yg paling terutama adalah kpd bangsa Amerika, yang telah memberi pelajaran berharga bagi kita. Keputusan pilihan yg saya nilai ckp berani telah ditunjukkan bangsa Amerika dlm memilih pemimpinnya. Ya, pada masa sekarang dan ke depan ini, periode pengujian kepemimpinan (examination periods) bagi leaders dan calon2 leaders, sdg ditapaki.


Salam, HMS :-)

No comments:

Post a Comment