Wednesday, November 12, 2008

Sharing Awal: Pendirian Sebuah Universitas Kristen di Kalabahi, NTT

Sahabat terkasih,


Seperti diketahui, ada beberapa rekan dari elemen Bakti Nusa Connections juga bergabung di forum milis yang bernama Aliteia. Namun, ada juga yang tidak bisa berkoneksi, a.l. oleh karena keterbatasan akses internet, dll. Nah.. dengan beberapa orang yang tidak bisa bergabung inilah, saya baru saja melakukan koordinasi lapangan.


Sharing awalnya begini. Sudah sejak beberapa tahun lalu sebenarnya, di NTT tepatnya di Kalabahi Alor, teman-teman ini sdh menggumuli, punya visi dan mimpi, dan mulai merencanakan lebih telaten bagi berdirinya sebuah Universitas Kristen yg diharap di kemudian hari dapat menjadi salah satu center of excellent bidang pendidikan tinggi di wilayah NTT.


Di awal 2008, visi, mimpi dan perencanaan tsb telah menunjukkan hasil yang nyata, baik di tingkat policy dan di lapangan (tingkat implementasi). Sebuah Universitas Kristen telah berhasil diretas, dan telah didesain secara bertahap untuk 5 fakultas, yang kesemuanya disesuaikan dengan kebutuhan yg dirasakan untuk kemajuan wilayah-wilayah di NTT.


Menurut desain organisasi yang telah disepakati sejak awal, Universitas Kristen di Kalabahi NTT ini berada sepenuhnya di bawah naungan lembaga Gereja, dalam hal ini Gereja Klasis GMIT Timor. Berdasarkan potensi, tantangan, kekhasan, peluang dan prospek ke depan, ckp banyak penilaian bahwa Gereja Klasis ini sesungguhnya kelak dpt ditingkatkan secara bertahap menjadi Gereja bertingkat Sinode di Kalabahi NTT.


Bertalian dgn sharing saya ini, support berupa 4 D (Doa, Daya, Dana dan Dukungan moril akses knowledge skills good will dll) dari segenap members Aliteia, akaan sangat dibutuhkan bagi kehadiran Universitas Kristen ini. Support perlu diberikan bagi teman-teman dalam tim yang telah berjuang dan bekerja keras bagi berdirinya Universitas Kristen di Kalabahi NTT ini.


Saya berharap rekan2 sahabat sekalian yg punya visi dan passion di bidang higher education, kiranya dpt mendukung usaha sangat nyata ini, dalam bentuk-bentuk berupa fasilitasi, support kemitraan, lecture activities atau apapun namanya yg lebih riel.


Ini menjadi sharing dan informasi awal bagi kita sekalian, sebelum saya/kami dapat mensharekan secara lebih lengkap tahap-tahap perkembangan yg sedang dilakukan baik di tingkat kebijakan/policy maupun di tingkat implementasinya.


Salam karya kasih nyata,

HMS :-)

No comments:

Post a Comment